Mengejutkan, Ilmuwan Temukan Fakta Bumi Pernah Berbentuk Datar

Wecome Eskisehiryerelbasin di Situs Kami!

JAKARTA – Perdebatan Bumi Bulat vs Bumi Datar terbukti sangat bermanfaat. Baru-baru ini seorang ilmuwan, Dr. Dimitris Stamatellos menyadari bahwa bumi dulunya datar. Dia terkejut dengan temuannya. Mengejutkan, Ilmuwan Temukan Fakta Bumi Pernah Berbentuk Datar

“Kami telah mempelajari pembentukan planet sejak lama, namun sebelumnya kami tidak pernah terpikir untuk mengkaji bentuk planet saat terbentuk dalam simulasi. Saya selalu berasumsi bahwa mereka berbentuk bola. Kami sangat terkejut saat mengetahui bahwa itu adalah bola pipih, sangat mirip dengan permen!” kata Dr Dimitris Stamatellos, yang bekerja di University of Central Lancashire (UCLan), dilansir Greek Reporter, Rabu (2/7/2024). . Waspadai Hujan Angin dan Petir di Sejumlah Wilayah Jakarta pada Siang

Bisa jadi Bumi datar ini menurutnya muncul miliaran tahun lalu. Planet, kata Dr. Dimitris Stamatellos, terbentuk dari piringan protoplanet, berupa cincin debu dan gas yang mengelilingi bintang. Namun bagaimana hal ini terjadi masih menjadi perdebatan. Teori yang paling umum diterima disebut akresi sentral, di mana partikel debu mulai menyatu membentuk objek yang semakin besar hingga menjadi planet.

Model yang kurang populer namun masih memungkinkan, yang disebut stabilitas cakram, diperkirakan terjadi jauh lebih cepat, ketika cakram mendingin dan hancur menjadi gumpalan yang kemudian menjadi planet.

Untuk studi baru ini, tim UCLan yang dipimpin oleh Dr Dimitris Stamatellos menjalankan simulasi superkomputer pembentukan planet untuk menyelidiki aspek yang sebagian besar terabaikan – seperti apa bentuk planet muda?

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa ketika planet-planet terbentuk menggunakan metode stabilitas cakram, planet-planet tersebut tidak tumbuh secara seragam dan tetap berbentuk bola seiring berjalannya waktu – sebaliknya, mereka cenderung mengumpulkan lebih banyak material di kutubnya dibandingkan di kutubnya. peregangan. mereka dalam “bola pipih”, yang merupakan bentuk oval agak pipih. Seiring pertumbuhan planet-planet muda, tentu saja mereka pada akhirnya akan mengambil bentuk bola yang biasa kita kenal.

Meskipun sejauh ini ini hanya simulasi, tim mengatakan pengamatan terhadap planet-planet muda untuk melihat apakah ada di antara mereka yang memiliki bentuk aneh ini dapat membantu mengonfirmasi atau mengesampingkan metode pembentukan planet stabil di piringan.

Para peneliti mengikuti penemuan ini dengan menggunakan model komputer untuk memeriksa bagaimana bentuk planet-planet ini dipengaruhi oleh lingkungan tempat mereka terbentuk dan untuk menentukan komposisi kimianya untuk dibandingkan dengan pengamatan yang dilakukan oleh James Webb Space Telescope (JWST).

Pengamatan terhadap planet-planet muda menjadi mungkin dilakukan dalam beberapa tahun terakhir dengan bantuan fasilitas observasi seperti Atacama Large Millimeter Array (ALMA) dan Very Large Telescope (VLT).

Bumi Datar adalah konsepsi kuno dan terbantahkan secara ilmiah mengenai bentuk Bumi sebagai bidang atau cakram. Konsep Bumi bulat muncul dalam filsafat Yunani kuno bersama Pythagoras (abad ke-6 SM). Namun, sebagian besar kaum Presokratis (abad ke-6-5 SM) tetap mempertahankan model Bumi datar. Mengejutkan, Ilmuwan Temukan Fakta Bumi Pernah Berbentuk Datar

Pada awal abad ke-4 SM, Plato menulis tentang Bumi yang berbentuk bola. Sekitar tahun 330 SM, mantan muridnya, Aristoteles, memberikan bukti empiris yang kuat tentang bumi bulat. Pengetahuan tentang bentuk global Bumi mulai menyebar ke luar dunia Helenistik.