Mata Radang Akibat Autoimun, Gejalanya Seperti Apa?

Selamat datang Eskisehiryerelbasin di Situs Kami!

Eskisehiryerelbasin, JAKARTA – Radang mata memiliki beberapa gejala yang mengarah pada penyakit autoimun. Korban harus segera mencari pertolongan medis. Mata Radang Akibat Autoimun, Gejalanya Seperti Apa?

“Mata bisa menjadi cerminan dari apa yang terjadi di tubuh kita, termasuk penyakit autoimun yang bersifat sistemik atau menyeluruh, seperti lupus,” kata pakar oftalmologi-imunologi Rina La Distia Nora dalam obrolan online di Jakarta, Jumat. 26 Januari 2024). Imlek Tiba, Simak Tips Ini Supaya Badan Tetap Bugar

Autoimun atau autoimun adalah penyakit dimana sel imun menyerang tubuh. Kondisi ini dapat memengaruhi berbagai organ tubuh, termasuk mata.

Rina mengatakan ada dua kondisi peradangan mata yang paling sering dialami pasien dan berhubungan dengan penyakit autoimun seperti sindrom Sjorgen dan uveitis (radang uvea atau lapisan tengah mata). Menurut Rina, sindrom Sjorgen paling banyak menyerang kelenjar lakrimal.

Gejalanya antara lain mata kering, kering, sering gatal, mudah ngantuk akibat mata lelah, dan mata merah.

Sementara itu, uveitis ditandai dengan mata merah, bintik hitam melayang, atau mata menjadi buta dan nyeri saat terkena cahaya. Dr Rina menjelaskan, tidak semua infeksi mata disebabkan oleh penyakit autoimun, namun bisa merupakan masalah kesehatan mata yang ringan.

Misalnya saja konjungtivitis atau konjungtivitis, kata dr Rina yang berprofesi sebagai dokter di Rumah Sakit Pusat Nasional itu. Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Gejalanya berupa mata merah, namun pandangan tidak kabur. Biasanya peradangan pada selaput lendir mata disertai dengan keluarnya cairan (cairan mata). Biasanya orang yang sakit tertular dari orang disekitarnya.

“Jika ini terjadi, sebaiknya obati saja di rumah dengan kompres dingin atau obat tetes mata,” kata dr Rina.

Jika mata merah membaik dalam dua atau tiga hari setelah perawatan di rumah, kondisi tersebut belum tentu berhubungan dengan penyakit autoimun. Peradangan mata akibat penyakit autoimun terjadi pada kedua mata. Mata Radang Akibat Autoimun, Gejalanya Seperti Apa?

Interval waktu dan tingkat keparahannya bervariasi antara kedua mata. Misalnya mata kanan yang mengalami peradangan terlebih dahulu, baru kemudian mata kiri yang mengalami peradangan.